Mengatasi “PHP Startup: Unable to load dynamic library oci” Oracle

Muhammad, Ilham
2 min readJan 17, 2023

--

Photo by Ben Griffiths on Unsplash

Prakata

Pada kesempatan kali ini izinkan saya untuk sharing sedikit mengenai permasalahan seperti berikut ini.

Warning: PHP Startup: Unable to load dynamic library 'oci8_19'

Warning: PHP Startup: Unable to load dynamic library 'pdo_oci'

Jadi permasalahan tersebut timbul manakala ketika saya sedang menghubungkan aplikasi PHP dengan Oracle, yang mana membutuhkan extension tersebut.

Sebelumnya extension sudah di enable terlebih dahulu dan tentunya extension tersebut sudah dipasang, namun warning tetap muncul dan PHP tidak bisa terkoneksi dengan Oracle karena warning tersebut mengindikasikan bahwa extension tersebut tidak ditemukan yang padahal kenyatannya ada.

Solusi

Singkat cerita saya menemukan cara untuk mengatasi hal tersebut, simpel ternyata. Hanya perlu me-replace file extension terkait.

Silahkan download instant-client dari Oracle yang bisa disesuaikan dengan keperluan x86 atau x64 melalui link berikut.

https://www.oracle.com/database/technologies/instant-client/downloads.html.

Sebagai contoh, disini saya menggunakan untuk kebutuhan x64, kemudian download versi Basic Light Package.

Setelah di download silahkan extract file zip tersebut, kemudian cari copy semua file didalamnya yang berekstensi .dll, lalu paste pada direktori bin didalam apache.

Sebagai contoh disini saya menggunakan laragon, untuk XAMPP silahkan disesuaikan lokasinya. Disini saya menguji di XAMPP dan Laragon keduanya berhasil.

Jika sudah, silahkan restart web server apache anda lalu cek pada bagian phpinfo apakah extension oci sudah berhasil terbaca dan berjalan dengan baik seperti gambar berikut.

Dan warning tersebut apabila di cek kembali sudah tidak muncul dan aplikasi PHP sudah bisa terhubung dengan Oracle Engine dengan baik.

Terima kasih.

--

--